YA'AHOWU !! SYALLOM.. Kata Yesus: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. (Yoh. 14:6) FAOMASI ZOAYA

LABEL

Pencarian

MARILAH KITA MENJADI BERKAT MELALUI INTERNET, KIRIMKAN TULISAN ANDA YANG MEMBANGKITKAN IMAN, MEMULIHKAN, MEMBAWA JIWA & PERTOBATAN KEPADA TUHAN.

Jumat, 26 Agustus 2011

PEMULIHAN AWAL BERKAT

Oleh: Ir. Sadoki Waruwu (Ketua BPMJ BNKP Jemaat Persiapan Bandung Timur)
PULIH berarti kembali pada posisi semula. Seperti pulih dari sakit, pulih dari kelelahan tubuh. Tapi yang paling disukai Tuhan adalah PULIH DARI DOSA.
Mengapa? Karena dosa itu memisahkan manusia dengan berkat, hadirat Tuhan. Hal ini terjadi sejak Adam jatuh dalam dosa dan diwariskan pada keturunannya. Karena itu, posisi manusia sekarang di bawah hukuman, yang sebelumnya, berada di posisi berkat Tuhan.   Pertanyaan menarik adalah,’Bagaimana mengembalikan kita pada posisi hadirat Tuhan yang mengalami berkat Tuhan?’
Kita belajar dari kegagalan bangsa Israel. Sebenarnya bangsa ini, bangsa yang diberkati dan lagi dipilih  jadi umatNya. Tapi, mengapa mereka sepanjang sejarah, sering menderita, sampai di buang ke pembuangan di babel Hal ini, lebih mudah kita melihat rantai atau posisi israel dalam sejarah. 



Mulai mereka bangsa diberkati, tapi setelah itu mereka berbuat dosa. Akibat dosa, mereka di bawah hukuman Allah. Karena dihukum, maka dibiarkan mereka dijajah negara lain.Saat terdesak maka berseru minta tolong kepada  Allah lalu Allah MEMULIHKAN mereka dengan mengirim hakim-hakim sebagai penolong. Penolong ini, mengatakan ‘kamu harus bertobat’ dan setelah bertobat,  dipulihkan untuk masuk dalam berkat Tuhan kembali.  
Coba lihat siklusnya :  BERKAT  ke  BERDOSA    ke HUKUMAN  ke   BERTOBAT ke DIPULIHKAN dapat BERKAT
Akhir dari berkat adalah dosa, tapi awal berkat jika bertobat. Itu saja. Berbuat dosa cepat-cepat bertobat. Sudah dapat berkat dari Tuhan, pertahankan tetap pada jalanNya. Ini satu rule (aturan) dasar bagi kita yang SERING LUPA kepada Tuhan. 


Ulangan 6: 12 berkata,’maka berhati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan Tuhan, yang telah membawa kamu keluar  dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan. Allahmu; kepada Dia  haruslah engkau  beribadah dan  demi namaNya harus engkau  bersumpah.’
Selanjutnya, Ulangan 6: 10-15  hal ini, berbicara tentang kekayaan materi. Itu dari Tuhan.   Mengapa kita lupa Tuhan? Seperti seorang anak, lupa orang tuanya, meskipun dia yang sudah memberi segalanya bagi anak itu. Anak itu, tidak tahu berterima kasih. Betapa sakit hati orang tuanya terhadap sikap anaknya. Dikatakan anak tidak berbakti, tidak tahu untung, dan anak yang tidak tahu berterima kasih. Padahal harta dari orang tua. Itu  kira-kira arti JANGAN LUPA TUHAN.
Sangka kita TUHAN JAHAT. Menurut saya tidak. Sungguh Tuhan sangat tidak menghormati orang yang main-main dalam dosa. Raja Saul pilihanNya sekalipun, tidak dihormatiNya, karena berbuat dosa tidak cepat bertobat. Karena tidak langsung bertobat tahtanya jatuh ke Daud pilihan Tuhan. Dosa itu, cepat sekali menular. Raja berdosa mengakibatkan dosa seluruh rakyat. Untuk keluarga pun, kepala keluarga berbuat dosa adalah dosa seluruh  keluarga itu. Jangan main-main dalam dosa. Karena sangat dasyat akibatnya. 


Jadi, mengapa saya tidak pernah mengalami berkat Tuhan dalam keluargaku? Seorang bertanya begitu.  Jawabannya hanya satu yaitu dosa. Selama  dosa bercokol dalam hidup kita, selama itu juga tidak dapat berkat dalam hidup ini.
Kembali pada pembahasan kita tentang PEMULIHAN, ‘Apakah mau dipulihkan?’ kalau mau maka,  datang syaratnya adalah AKUI DOSA SEGERA jangan seperti Saul sudah berdoa tapi tidak mau bertobat. KARENA TIADA PENGAMPUNAN TANPA PENGAKUAN.   Seperti 1 Yohanaes 1 : 9.
Setelah mengakui dosa itu, dipulihkan Tuhan, dimasukan di posisi berkat. Awal berkat adalah bertobat, tapi akhir berkat mulai mencoba berbuat dosa. Stop dosa maka berkat mengalir. Cepatlah bertobat, jangan tunggu besok sekarang juga. Selamat menikmati berkat Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih untuk Komentar Anda yang membangun, Semoga menjadi berkat bagi kita semua... Amin. GBU