YA'AHOWU !! SYALLOM.. Kata Yesus: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. (Yoh. 14:6) FAOMASI ZOAYA

LABEL

Pencarian

MARILAH KITA MENJADI BERKAT MELALUI INTERNET, KIRIMKAN TULISAN ANDA YANG MEMBANGKITKAN IMAN, MEMULIHKAN, MEMBAWA JIWA & PERTOBATAN KEPADA TUHAN.

Jumat, 04 Mei 2012

Kenali 4E Bagi Pemimpin



Pemimpin jaman sekarang harus memiliki 4E yaitu Energy, Energizer, Edge, dan execute. Termasuk dalam hal ini PEMIMPIN dalam Gereja, baik itu Ketua Majelis, Ketua BPMJ, Ketua Komisi-komisi. Apa sih artinya? Jika anda pemimpin, 4E ini bisa diibaratkan anda memegang sebungkus pupuk di tangan kanan, sebotol air di tangan kiri, dan karyawan anda adalah tanaman. Tugas anda adalah menyiram dan memupuki tanaman itu agar terus berkembang. Dan jika tidak berkembang, anda harus berusaha membuat tanaman itu berkembang. Selengkapnya, coba anda simak:

Energy

Pemimpin harus memiliki energi yang cukup agar bisa melaksanakan segala aktivitasnya. Seorang pemimpin berjuang untuk mendapatkan kondisi fisik yang sehat, dan tidak loyo.  Pepatah mengatakan " Men sana in corpore sano", artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Namun dalam hal rohani, selain energy secara fisik, dan hal yang teramat penting yaitu energy secara rohani. Energi ini hanya dapat kita peroleh dari Tuhan; oleh sebab itu seorang pemimpin rohani seharusnya memiliki hubungan pribadi yang sangat erat dengan Tuhan agar selalu dapat di "cas" atau diisi pundi-pundi rohaninya. Roh Kudus yang akan bekerja memenuhi kita dengan sukacita sorgawi. Hal ini merupakan modal utama. Dengan energi pula anda bisa mengeluarkan ide-ide dan gagasan yang inovatif untuk mengembangkan visi dan misi yang ada.

Energizer
Selain harus memiliki energi untuk pribadi, seorang pemimpin dituntut untuk bisa membangkitkan energi dan semangat anak buah untuk mencapai tujuan pelayanan ataupun perusahaan. Sungguh ironis jika anda pemimpin yang hebat tetapi tidak mampu membangkitkan semangat anak buahnya sendiri. Ingat, pemimpin yang hebat adalah pemimpin yang mampu menggiring anak buahnya mencapai sukses bersama-sama.
 
Edge
Sekalipun anda sedang menghadapi persoalan yang kritis, anda harus cepat mengambil tindakan dan keputusan yang tepat (efektif dan efisien). Ibaratnya, meski anda sudah berada di tepi jurang anda harus bisa mengambil jalan yang terbaik demi keselamatan bersama. Keputusan tegas yang anda ambil di saat-saat kritis merupakan hal penting bagi anak buah. Anda tidak bisa bermain-main dengan kata ‘mungkin’, 'kita lihat saja nanti!'. Anda harus berani mengambil risiko, apapun keputusan anda. It’s all about moving.

Execute
Anda punya energi, anda bisa membangkitkan energi orang lain dan anda mampu mengambil keputusan secara cepat, tetapi keputusan itu harus membuahkan hasil. You’ve got to close the loop. Setelah keputusan ditetapkan, anda harus berani mengambil tindakan selanjutnya. Karena keputusan tanpa tindakan tidak akan berdampak apa-apa bagi kemajuan anda dan anak buah.

Bagi anda para pemimpin, apakah anda sudah memiliki 4E tersebut? Jika belum, nggak ada kata terlambat. Segeralah menjadi seorang pemimpin dengan kualitas 4E. Percaya deh anda pasti menjadi pemimpin yang lebih oke. Selamat mencoba!

2 komentar:

  1. Kepemimpinan dalam gereja??? Menurut saya hal ini MUTLAK ! tdk bisa ditawar2. Para nabi dan rasul dalam Alkitab adalah para pemimpin sejati. Gereja BNKP hrs melahirkan pemimpin, bukan hanya tahu isi Alkitab. Masih byk Pendeta dan Ketua BPMJ di Gereja BNKP yg sangat minim jiwa kepemimpinannya. Disarankn Sinode BNKP membuat sistem pelatihan kepemimpinan terstruktur, semacam training (dll) oleh para trainer profesional. Bravo BNKP...

    BalasHapus
  2. Pemerhati Ononiha6 Mei 2012 pukul 23.22

    Setuju Bro..!!! Gereja BNKP seharusnya terbuka dengan perubahan yang lebih baik, bila perlu adakan reformasi & restrukturisasi. Para pemimpinny harus memiliki "leadership" /jiwa kepemimpinan yang lebih baik. Contoh: Bukan zamannya lagi, sebelum khotbah singgah dulu di "lafo duo" supaya berani khotbah katanya... hahaha... capee deehhh...

    BalasHapus

Terima Kasih untuk Komentar Anda yang membangun, Semoga menjadi berkat bagi kita semua... Amin. GBU