YA'AHOWU !! SYALLOM.. Kata Yesus: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. (Yoh. 14:6) FAOMASI ZOAYA

LABEL

Pencarian

MARILAH KITA MENJADI BERKAT MELALUI INTERNET, KIRIMKAN TULISAN ANDA YANG MEMBANGKITKAN IMAN, MEMULIHKAN, MEMBAWA JIWA & PERTOBATAN KEPADA TUHAN.

Jumat, 25 Mei 2012

Evaluasi Usaha

-->Dalam perjalanan bisnis, naik atau turunnya volume usaha adalah sesuatu yang biasa. Akan luar biasa kalau bisnis tersebut naik terus terus dan mengherankan jika turun terus. Namun kita asumsikan saja pada fenomena umum bahwa bisnis kadang naik dan kadang turun. Persoalannya kemudian adalah jangan sampai ketika bisnis Anda turun, lalu Anda tidak mampu mengantisipasinya. Lalu hal apa saja yang membuat bisnis kita bertahan:
 
1.    Anda harus punya visi yang jelas soal bisnis. Visi adalah sesuatu yang membuat Anda tahu mau ke mana Anda pergi. Visi adalah penuntun hidup perusahaan. Visi yang mengarahkan tindakan Anda. Jadi jika Anda mempunyai visi yang clear, maka akan mudah dalam mencapainya.
 
2.    Buatlah varian produk. Biasanya jika produk hanya satu saja, maka kemungkinan gagalnya akan sangat besar. Namun varian produk tersebut jangan terlalu jauh dari produk inti dan segmen. Misalkan Anda punya bisnis kursus bahasa inggris, maka buatlah paket untuk segmen orang dewasa anak-anak, karyawan. Atau dapat juga Anda buat produk Toefl, atau bahasa Inggris untuk trainer dan lain sebagainya. Yang jelas masih dalam area produk Anda yaitu bahasa inggris.
 

3.    Carilah atau jadilah key person yang memiliki kompetensi bagus. Pertama, orang ini harus memiliki skill atau kemampuan yang bagus dalam memahami produk yang dijual, ia juga memahami bagaimana cara menjual. Yang tak kalah penting Ia adalah orang yang tahu siapa pasar yang dituju. Selain skill yang bagus, knowledge adalah sesuatu yang penting. Mengapa? Karena dengan pengetahuan yang memadai, ia dapat membaca perilaku konsumen, perilaku pesaing, dan tren perubahan masyarakat dalam menggunakan produk. Yang terakhir mengenai kompetensi adalah orang ini harus memiliki sikap jujur dalam menjual produk. Berulang kali saya mengatakan bahwa jujur akan menjadi mujur.
 
4.    Juallah diri Anda pada berbagai kesempatan acara yang dapat mendukung dalam penjualan produk. Misalnya pada acara pernikahan, Anda bawa kartu nama dan mintalah kartu nama pada orang itu. Lalu kirimkanlah sms atau janji bertemu untuk suatu pertemuan bisnis. Hal-hal ini sangat penting dilakukan supaya probabilitas bisnis Anda dapat meluas. Dan tentu saja ini akan semakin mempermudah Anda mendapatkan penjualan.
 
5.    Belajarlah merupiahkan manfaat yang akan konsumen dapatkan. Artinya jelaskan pada konsumen bahwa uang yang dikeluarkan tidak akan merugikan mereka dan mereka akan berfikir menjadi sebuah investasi yang menguntungkan ketika membeli produk Anda.
 
6.    Jangan lupa, juallah produk pada orang-orang yang memang membutuhkan. Ingatlah bahwa menjual pada orang yang tidak butuh akan sangat menyita waktu Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih untuk Komentar Anda yang membangun, Semoga menjadi berkat bagi kita semua... Amin. GBU