YA'AHOWU !! SYALLOM.. Kata Yesus: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. (Yoh. 14:6) FAOMASI ZOAYA

LABEL

Pencarian

MARILAH KITA MENJADI BERKAT MELALUI INTERNET, KIRIMKAN TULISAN ANDA YANG MEMBANGKITKAN IMAN, MEMULIHKAN, MEMBAWA JIWA & PERTOBATAN KEPADA TUHAN.

Kamis, 13 Oktober 2011

Cara Memajukan Usaha

-->

Anda harus bersemangat untuk meningkatkan usaha. Untuk memajukan usaha banyak cara yang dapat dilakukan. Berikut saya akan bagikan beberapa tips dari beberapa sumber:

1.    Kebutuhan (need). Kita harus melihat kebutuhan umu dan trend masyrakat. Contoh, bisnis di bidang sembako adalah barang yang pasti sangat dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat. Sehingga tidak perlu khawatir  tidak ada yang membelinya.
 

2.    Karena ada kebutuhan terhadap barang, maka yang perlu dilakukan adalah membuat satu kemasan yang lebih menarik dari pesaing Anda. Caranya adalah buat kemasan dengan istilah ”paket hemat” yang terdiri dari bermacam-macam  varian produk sehingga terlihat murah.
 
3.    Tempat perlu menjadi perhatian yang utama. Artinya tempat usaha harus mudah dilihat, mudah dicapai, mudah dicari. Dan ini berarti harus dekat dengan pembeli. Jangan mencari tempat hanya karena murah, namun juga harus karena strategis. Jadi arti kata strategis di atas bermakna mudah dicari, dijangkau, dicapai dan lain-lain.
 
4.    Harga jual produk sangat sentral bagi laku atau tidaknya produk. Harga yang Bapak tawarkan sebaiknya mengacu pada dua pendekatan, yaitu pendekatan produksi dan pendekatan pasar. Pendekatan produksi adalah menjual dengan mengambil keuntungan di atas biaya produksi/ operasional. Juga perlu melihat harga pasara, sebaiknya juallah dengan harga kompetitif. Jika tidak dikemas atau sama dengan yang lain, maka Anda jual saja dengan harga lebih rendah, meskipun keuntungan lebih kecil. Tetapi kalau ada kemasan menarik jual saja lebih tinggi sedikit.
 
5.    Selalu menjual dengan kejujuran. Saya selalu mengatakan promosikan dagangan kita dengan kejujuran, sebab hanya inilah yang dapat mendongkrak jualan kita. Jika ada dana tidak salahnya mencetak brosur agar nampak lebih berbobot dan jual dengan sistem rabat atau diskon pada akhir atau awal bulan. Ini akan sangat membantu meningkatkan penjualan.
 
6.    Soal people. Kerap kali kita selalu menjual produk bukan menjual jasa. Padahal secara riil yang kita jual tidak hanya barang tapi sejatinya adalah jasa. Mengapa? Sebab produk yang dijual tanpa kehangatan, empati dan pelayanan yang baik mustahil akan mendatangkan pelanggan. Buatlah agar konsumen atau pelanggan, orang paling penting di mata kita.
 
7.    Jangan menjual produk tidak sesuai dengan janji. Ini akan membuat konsumen kabur. Oleh karena itu sebaiknya jika kita yakin bisa memenuhi, maka berilah janji beserta buktinya. Jika tidak yakin, hemat saya janganlah membuat janji.

Demikian beberapa tips yang dapat saya bagikan buat Anda, semoga bermanfaat. Jangan lupa kesuksesan dapat dicapai 80% oleh doa yang ikhlas dan sisanya 20% usaha. Minta terus pada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih untuk Komentar Anda yang membangun, Semoga menjadi berkat bagi kita semua... Amin. GBU