YA'AHOWU !! SYALLOM.. Kata Yesus: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. (Yoh. 14:6) FAOMASI ZOAYA

LABEL

Pencarian

MARILAH KITA MENJADI BERKAT MELALUI INTERNET, KIRIMKAN TULISAN ANDA YANG MEMBANGKITKAN IMAN, MEMULIHKAN, MEMBAWA JIWA & PERTOBATAN KEPADA TUHAN.

Selasa, 21 Mei 2013

Komisi LITBANG BNKP Bandung Timur dan Peranannya dalam Mendukung Pelayanan

Oleh: Eben Ezer Lase  (A. Evan Lase)


Beberapa tahun belakangan ini, terlihat perkembangan gereja secara organisasi cukup pesat, pembenahan di beberapa bidang terus dilaksanakan, semata-mata untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan gereja Tuhan baik kepada Jemaat (kedalam), masyarakat bahkan kepada negara (keluar). Tuntutan pemberdayaan secara optimal dari semua bidang ataupun komisi akan sangat berpengaruh kepada jalannya perkembangan gereja, khususnya pada gereja-gereja yang baru berdiri seperti BNKP Jemaat Persiapan Bandung Timur.  Itulah sebabnya di awal pembenahan Struktur Organisasi Gereja BNKP Bandung Timur, dimunculkan ide pembentukan Komisi Penelitian dan Pengembangan (LITBANG). Mungkin, di lingkungan gereja BNKP, komisi ini agak asing terdengar. Namun, bukan saja hanya pada gereja-gereja yang baru berdiri perlu komisi tersebut, gereja-gereja besar yang sudah berumur puluhan tahun seperti GKI, GKPB, GPIB dan sebagainya tetap mempertahankan adanya Komisi Penelitian dan Pengembangan (LITBANG) tersebut. Mengapa? Karena gereja tidaklah statis melainkan dinamis, terus berkembang mengikuti perkembangan baik secara sosial, ekonomi, tehnologi dan yang paling utama mengikuti kehendak Tuhan, sehingga dipandang perlu untuk membentuk suatu Komisi yang melaksanakan Penelitian dan Pengembangan Gereja. Fakta menunjukkan bahwa kehidupan berlangsung dalam perubahan dan secara bertanggungjawab gereja harus selalu memenuhi panggilan Tuhan untuk menjawab : Apa kehendak Tuhan dalam situasi yang berubah? Disini gereja harus hidup dalam konteks hidupnya (kontekstual): memberitakan, menjelaskan, mengajari warganya (dan seluruh umat manusia) secara relevan untuk masa kininya.

Idealnya, sebuah gereja yang sehat melaksanakan tri tugas gereja : marturia, koinonia dan diakonia secara seimbang, harmonis dan dinamis. Untuk itu Gereja BNKP membuat rumusan yang lebih relevan, agar tidak terjadi “overlap” (tumpang tindih) antara ketiganya, tanpa melupakan doktrin/dogma pokok Gereja, namun tidak terjebak dalam konservasi dan fundamentalisme.

Komisi LITBANG, sepatutnya memiliki tim yang solid, terdiri dari beberapa orang (bisa juga dari majelis ataupun dari jemaat) yang memiliki wawasan yang luas di bidangnya, misalnya bidang teologia, bidang ekonomi, hukum, sosial, teknologi, musik dan lain-lain. Karena, persoalan yang dihadapi oleh gereja, sesungguhnya sangatlah kompleks, misalnya masalah kemiskinan jemaat, masalah penutupan gereja, dan sebagainya. Kesemuanya keahlian itu nantinya akan dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kepentingan gereja dan jemaat Tuhan. Sekali lagi adanya "TIM LITBANG" adalah mutlak dan bukan hanya perorangan. Kekurangan SDM adalah kendala yang saat ini banyak dihadapi oleh gereja-gereja termasuk Komisi LITBANG BNKP Bandung Timur, sehingga kesulitan membentuk TIM yang solid.

PERANAN KOMISI LITBANG
Pada awal pengembangan gereja  BNKP Bandung Timur, Komisi Penelitian dan Pengembangan:
- Memikirkan dan mempersiapkan hal-hal awal yang mendukung pelayanan awal gereja. Litbang BNKP Bandung Timur, sudah merumuskan adanya Struktur Organisasi yang diselaraskan dengan kebutuhan standar gereja dari sinode. Adapun beberapa yang ditambahkan, adalah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi jemaat BNKP Bandung Timur. Selanjutnya membantu meletakkan dasar pelayanan Perpustakaan, meskipun saat ini masih dalam kondisi stagnasi, sekali lagi karena masalah kekurangan SDM.

- Mengadakan nuansa pelayanan baru dalam tata ibadah tanpa mengganggu susunan liturgos yang sudah disusun dari sinode BNKP. Maksudnya adalah mengadakan pelayanan multimedia (proyektor) yang sampai saat ini terus dilaksanakan oleh Komisi Litbang BNKP Bandung Timur, dan akan terus berkembang.

- Membuat dan menjalankan media informasi, publikasi dan komunikasi BNKP Bandung Timur melalui Website / BLOG http://bnkpbandungtimur.blogspot.com. Hingga saat ini sudah dikunjungi lebih dari 30.000 kunjungan. Tujuan Komisi LITBANG mengadakan BLOG ini adalah:
a. Menyampaikan Berita Rohani yang membantu pertumbuhan iman Jemaat dan disesuaikan Visi dan Misi BNKP Bandung Timur, serta merupakan Penginjilan melalui Teknologi informasi (IT Evangelism) berusaha menjangkau jiwa-jiwa baru untuk dimenangkan bagi Tuhan Yesus.
b.  Menjadi media PROMOSI Gereja dalam upaya meningkatkan jumlah jemaat.
c.  Menyampaikan INFO Pelayanan Gereja termasuk acara-acara Kebaktian, Pernikahan, Kematian dan lain-lain, dengan demikian membantu meningkatkan kepedulian dan kasih.
d.  Menambah wawasan dan Membangkitkan sukacita kepada Jemaat melalui artikel ilmu,  Info Lagu, Humor Rohani, dan lain-lain.
e. Era keterbukaan saat ini, BNKP Bandung Timur menyadari sebagai gereja yang oikumenis seharusnya membuka diri untuk bergaul bahkan bekerja sama dengan gereja lain, dan media komunikasinya salah satunya adalah internet.
Permasalahan yang dirasakan dalam pembuatan Website ini adalah kurangnya keterlibatan/ keikutsertaan jemaat bahkan majelis, baik sebagai narasumber ataupun sebagai pengurus. Hal ini akan diupayakan perbaikan ke depan.

Pada perkembangan selanjutnya ke depan, Komisi LITBANG selayaknya melakukan Penggambaran dan Penelitian secara berkala kondisi jemaat dan kondisi pelayanan setiap komisi yang pada hakekatnya akan memberikan gambaran yang menunjukkan adanya hal-hal yang harus diluruskan dan dibenahi. Dalam hal ini diharapkan dukungan penuh, baik dari Ketua Majelis, Ketua BPMJ (Badan Pekerja Majelis Jemaat), dan juga samua Ketua Komisi. Tujuan akhirnya adalah mendukung Pengembangan setiap komisi dan pelayanan secara menyeluruh dan optimal. Tentu saja prosedur kerja perlu didiskusikan dalam rapat BPMJ dan disosialisasikan dalam rapat majelis jemaat.

Setiap komisi tentunya memiliki kendala-kendala dalam pelayanannya, dan keberadaan Komisi Litbang membantu memikirkan penyebab dan jalan keluar yang terbaik. Hal ini sangatlah penting untuk menjalankan roda pelayanan yang sinergis dan harmonis. Dalam hal ini pun, sangat dibutuhkan TIM Litbang yang solid dan berkualitas, gabungan beberapa orang dari beberapa bidang, sehingga dapat meng"cover" dan mengupas permasalahan komisi-komisi dan jemaat. Anggota LITBANG yang akan dibentuk bisa berasal dari Ketua Komisi, ataupun dari jemaat yang peduli dan memiliki potensi.

KESIMPULAN:
Kondisi dan Permasalahan yang dihadapi gereja sesunggguhnya sangatlah kompleks; untuk itu sangat dibutuhkan Penelitian yang mengupas setiap permasalahan secara lugas dan sistematis, serta langkah preventif untuk Pengembangan langkah-langkah Strategis untuk mengusahakan gereja yang harmonis, dinamis, dan mendukung penuh pelaksanaan perintah Tuhan. Kami mengajak Jemaat Tuhan untuk turut serta mendukung pelayanan di gereja Tuhan, khususnya Komisi Litbang. Akhirnya, semua rencana, stategi, dan kegiatan hendaknya ditujukan hanya untuk Kemuliaan nama Tuhan kita Yesus Kristus.. Amin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih untuk Komentar Anda yang membangun, Semoga menjadi berkat bagi kita semua... Amin. GBU